Perkembangan Industri Pallet Plastik di Masa Depan

Dibandingkan pallet kayu, plastik memiliki banyak keunggulan yang akan membuat Anda lupa akan harganya yang mahal di awal. Keuntungan utamanya adalah sifatnya yang tahan lama sehingga Anda dapat menggunakannya berkali-kali.

Plastik tidak dapat menyerpih dan patah dengan mudah, dan barang tersebut lebih tahan akan kerusakan yang diakibatkan oleh perubahan suhu secara ekstrim serta tumpahan air atau bahan kimia.

Produk-produk Anda juga tidak akan rusak karena Anda dapat merawat pallet plastik dengan mudah. Jadi jika anda ingin menyimpan atau mengirimkan makanan atau bahan kimia/farmasi, resiko kontaminasi akan lebih sedikit.

Pallet plastik juga jarang menimbulkan bahaya kesehatan dan keamanan karena tidak adaya paku-paku yang digunakan untuk membuat sebuah pallet. Paku tersebut memiliki ujung-ujung tajam yang dapat menyakiti staf atau orang lain.

Bahannya juga lebih ringan sehingga karyawan Anda dapat mengangkatnya dengan mudah tanpa terlalu khawatir akan cedera/luka. Dengan keunggulan tersebut, tidak heran jika lebih banyak perusahaan yang beramai-ramai menggunakan pallet plastik. Hal ini berarti prospek industrinya menuju ke arah yang baik.

Wilayah mana yang sangat prospektif?

Menurut laporan tahun 2012-2016 oleh Persistence Market Research, perkembangan industri pallet plastik menunjukkan arah yang semakin kuat serta daya tarik yang semakin meningkat, terutama di pasaran Amerika Utara dan Uni Eropa, market yang menggunakan pallet plastik terlebih dahulu sebelum kepopulerannya.

Di wilayah lain seperti Afrika dan Timur Tengah, perkembangannya lebih lambat bukan karena tidak ada yang berminat, namun karena kurangnya produsen sehingga tidak banyak yang menggunakan plastik. Hal ini akan berubah dalam waktu 8 tahun karena meningkatnya produsen di daerah Asia Pasifik.

Bagaimana dengan nasib pallet kayu?

Berbeda dengan plastik, penggunaan pallet kayu akan semakin menurun di tahun-tahun yang akan datang ketika kejayaan pallet plastik semakin bertambah.

Pallet plastik akan menjadi semakin populer berkat kemajuan teknologi dan penyempurnaan desain produk sehingga produsen-produsen kecil juga dapat memproduksinya. Produk tersebut juga akan semakin ringan, kuat, dan tidak menguras kantong.

Perubahan ini juga membuat area-area lain yang belum “tersentuh” oleh pallet. Teknologi tersebut berpotensi membuat harga pallet plastik semakin terjangkau.

Sektor apa yang mengalami perkembangan paling pesat?

Karena pallet plastik adalah barang yang sangat tahan lama dan tetap memiliki kekuatan yang sama di saat suhu sedang turun-turunnya, benda ini dapat dicari oleh perusahaan-perusahaan yang sering menyimpan dan mengirim makanan.

Sektor ini sudah membuat perkembangan pallet plastik semakin pesat. Sedangkan sektor lainnya seperti bahan kimia dan farmasi juga dapat mengurangi resiko kesehatan dan keamanan.

Leave a Comment