Cara Mengetahui Kapasitas Muatan Pallet Plastik

Ketika Anda memiliki pallet plastik untuk kelancaran usaha Anda, yang harus tetap Anda perhatikan adalah prosedur muatan yang baik dan benar. Jika Anda memberi pallet beban yang melebihi kapasitasnya, maka Anda akan mengurangi daya tahan dan jangka waktu pallet tersebut. Beberapa hal ini dapat membantu Anda mengetahui kapasitas muatan pallet.

1. Lihat bahannya

Bahan adalah hal penting yang menentukan jumlah muatan yang dapat dibebankan pada pallet plastik. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menggolongkan kriteria palletnya. Sebagai contoh, terdapat pallet khusus ekspor, drum, muatan berat, dan pallet higienis dari berbagai kriteria pallet industri.

Umumnya, pallet yang terbuat dari plastik murni akan lebih tahan lama dan awet daripada pallet dari plastik daur ulang. Meskipun struktur dan rancangannya sama, plastik murni dapat menahan beban lebih kuat.

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan kapasitas beban yang tinggi, maka lebih baik Anda menggunakan pallet plastik murni. Namun semakin teknologi berkembang, Anda juga bisa menemukan pallet daur ulang yang kokoh dan tahan lama, meskipun masih jarang.

2. Kondisi lingkungan

Salah satu keunggulan pallet plastik adalah kemampuannya untuk bertahan di kondisi dan lingkungan yang tidak bersahabat sekalipun. Contohnya, pallet berbahan PP dan HDPE sangat tahan terhadap bahan kimia organik maupun anorganik.

Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal yang menentukan aman tidaknya kondisi lingkungan tempat plastik pallet Anda berada. Sebagai konsumen, Anda berhak mengetahui apakah pallet A dapat bekerja lebih maksimal di lingkungan tertentu daripada pallet B.

Area dengan suhu yang cenderung ekstrim biasanya akan mempengaruhi performa dan kapasitas loading pallet plastik Anda. Sehingga, aksesoris ini tidak dapat digunakan untuk menahan muatan yang Anda inginkan.

Selain itu, beberapa bahan kimia juga dapat mempengaruhi bahan pallet tersebut dan akibatnya, kapasitasnya akan berkurang secara drastis. Intinya, yang Anda harus perhatikan adalah faktor kondisi lingkungan dan fungsi pallet plastik yang sudah Anda tentukan. Kedua hal ini juga tak kalah penting ketika Anda memiliki pallet custom.

3. Penggunaan pallet secara spesifik

Pallet plastik dari PT. Fajar Putra Plasindo memiliki spesifikasi dan kapasitas yang akan digolongkan sesuai jenis penggunaannya. Dengan ini, kami dapat memastikan dan menjamin daya muat pallet serta standar keamanan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Biasanya, tim kami akan merekomendasikan pallet plastik dengan daya muat yang sedikit lebih tinggi dari berat muatan asli. Kami melakukan hal ini untuk mengurangi kasus atau masalah keamanan yang mungkin terjadi sehingga pallet yang sudah Anda beli nantinya tidak akan mudah rusak.

Leave a Comment